Kamis, 16 Mei 2019

resume kelompok 6


SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN PENYAKIT KRONIS DAN DEMAM BERDARAH DI PUSKESMAS 1 BATURITI

dalil:
"Sesungguhnya Allah tidak¬lah malu membuat perumpamaan apa saja; nyamuk atau yang lebih kecil dari padanya. Maka adapun or¬ang-orang yang beriman mengetahuilah dia bahwasa¬nya itu adalah kebenaran dari Tuhan mereka , Dan adapun orang-orang yang kafir maka berkatalah mereka : Apa yang dikehendaki Allah dengan perumpamaan begini ? Tersesatlah dengan sebabnya kebanyakan manusia dan mendapat petunjuk dengan sebabnya kebanyakan. Dan tidaklah akan tersesat dengan dia, melainkan orang-orang yang fasik” (Q.S Al-Baqoroh : 26)

Ø  TEORI DASAR
Penyakit
Menurut Elizabeth J. Crown, penyakit merupakan perihal hadirnya sekumpulan respons tubuh yang tidak normal terhadap agen, yang mana manusia memiliki toleransi yang sangat terbatas atau bahkan tidak memiliki toleransi sama sekali.
DBD (Demam Berdarah Dengue)
penyakit yang disebabkan oleh virus Dengue ditularkan kepada manusia melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albocpictus
Penyakit kronis adalah jenis penyakit yang menyebabkan kerusakan jaringan yang dapat berlangsung selama berbulan bulan hingga menahun..
Kesehatan
Menurut WHO (1947), kesehatan merupakan keadaan fisik, mental, dan sosial kesejahteraan dan bukan hanya ketiadaan penyakit atau kelemahan.
GIS (Geographic Informatiom System)
system infornasi khusus yang mengelola data yang memiliki informasi spasial.

Ø  DATA
1.      Penderita penyakit;
2.      Daerah endemic;
3.      Geografis berdasarkan data penderita per tahun;
4.      Pemetaan dalam sistem informasi geografis.


Ø  METODOLOGI
Metodologi Waterfall, metode pengembangan sistem waterfall merupakan urutan kegiatan/aktivitas yang dilakukan dalam pengembangan sistem mulai dari penentuan masalah, analisis kebutuhan, perancangan implementasi, integrasi, uji sistem, penerapan dan pemeliharaan.
Metode yang digunakan untuk mengetahui efektifitas dari sistem yang telah dibangun menggunakan metode skala likert.Metode skala likert adalah bahwa skala Likert digunakan untuk mengukur sikap, pendapat, dan persepsi seseorang atau sekelompok orang tentang fenomena sosial. Penyebaran kuesioner di lakukan di Puskesma 1 Baturiti dengan jumlah responden sebanyak 10 dan 10 pernyataan.

Ø  KESIMPULAN
Dalam Sistem Informasi Geografis pemetaan penyakit kronis dan demam berdarah ini terdapat Peta persebaran penyakit kronis dan demam berdarah di Kecamatan Baturiti, data grafik jumlah penderita penyakit kronis dan demam berdarah, serta laporan data penduduk data petugas data monitoring , User dapat melihat atau monitoring masyarakat yang terkena penyakit kronis dan penyakit demam berdarah yang tersebar di masing- masing Desa yang di bawahi oleh puskesmas 1 Baturiti melalui website Sistem Informasi Geografis pemetaan penyakit kronis dan demam berdarah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar