Kamis, 16 Mei 2019

resume kelompok 8

REVIEW

PEMETAAN DALAM LAHAN TRANSPORTASI


A.    Ada beberapa alat transportasi yang disebut secara khusus di dalam Al-Qur’an

وَالْخَيْلَ وَالْبِغَالَ وَالْحَمِيرَ لِتَرْكَبُوهَا وَزِينَةً وَيَخْلُقُ مَا لاَ تَعْلَمُونَ  

‘’Dan (Dia telah Menciptakan) kuda, bagal*, dan keledai, untuk kamu tunggangi dan (menjadi) hiasan. Allah Menciptakan apa yang tidak kamu ketahui.” (QS.An-Nahl:8)

B.     Pengertian
Transportasi merupakan urat nadi dalam memberikan kegiatan pelayanan jasa distribusi dalam menunjang usaha-usaha kegiatan masyarakat, baik di dalam kota maupun di wilayah yang lebih luas.
Transportasi merupakan pemindahan barang dan manusia dari tempat asal ke tempat tujuan. Sedangkan menurut Sukarto, pengertian transportasi adalah perpindahan dari suatu tempat ke tempat lain dengan menggunakan alat pengangkutan, baik yang digerakkan oleh tenaga manusia, hewan (kuda, sapi, kerbau), atau mesin. Konsep transportasi didasarkan pada adanya perjalanan (trip) antara asal (origin) dan tujuan (destination)

C.    Proses Pemetaan
1.      Pengumpulan data.
2.      Pengolahan data.
3.      Penyajian data.
4.      Penggunaan data.

GIS (Geographic Information System)
Sistem Informasi Berbasis Pemetaan dan Geografi adalah sebuah alat bantu manajemen berupa informasi berbantuan komputer yangberkait erat dengan sistem pemetaan dananalisis terhadap segala sesuatu serta peristiwa-peristiwa yang terjadi di muka bumi. Teknologi GIS mengintegrasikan operasi pengolahan data berbasis database yang biasa digunakan saat ini, seperti pengambilan data berdasarkan kebutuhan, serta analisis statistic dengan menggunakan visualisasi yang khas serta berbagai keuntungan yang mampu ditawarkan melalui analisis geografis melalui gambar-gambar petanya.

Manfaat SIG dalam bidang Transportasi yaitu :
·         Dalam menejemen pemeliharaan.
·         Perencanaan perluasan jaringan transportasi.
·         Inventarisasi jaringan transportasi.
·         Penentuan jalur transportasi yang efektif.
·         Analisis rawan macet serta bahaya kemacetan.
Dalam ilmu transportasi, alat pendukung transportasi diistilahkan dengan sistem transportasi yang di dalamnya mencakup berbagai unsur (subsistem) berikut :
-          Ruang untuk bergerak (jalan).
-          Tempat awal/akhir pergerakan (terminal).
-          Yang bergerak (alat angkut/kendaraan dalam bentuk apapun).
-          Pengelolaan yang mengkoordinasi ketiga unsur sebelumnya.
Contoh Peta transportasi


Kesimpulan
Dalam perkembangannya tehnologi alat transportasi memberikan sumbangan yangbesar pada kenyamanan bertransportasi seperti tersedianya   mobil,  sepeda motor, pesawat terbang, kereta api, kapal laut dll. Yang dulunya perjalan menuju keluar negeri memerlukan waktu yang lama namun sekarang hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja untuk sampai ketempat tujuan. Namun dilihat dari sisi lain Alat transportasi juga memiliki dampak negatif bagi lingkungan hidup dan permalasahan yang terus ada.sehingga diperlukan upaya untuk meminimalisir hal tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar