Jumat, 17 Mei 2019

KONSTRUKSI PETA, GRID, DAN SKALA PETA

PERTEMUAN 10
KONSTRUKSI PETA, GRID, DAN SKALA PETA

  • SKALA

   
Pada sebuah peta di wilayah Asia atau peta-peta lain kita akan sering menemui ada 2 macam skala yang sering ditampilkan oleh pembuat, yaitu skala numerik dan skala garis. Mengapa harus ada 2 macam skala yang digambarkan?
Hal ini sebenarnya mengacu pada sifat yang berbeda dari kedua skala tersebut jika peta yang ada mengalami perubahan, misalnya diperbesar/diperkecil melalui media Scanning dan Fotokopi.
Perbedaan kedua skala tersebut adalah :
  1. Skala numerik bersifat statis, jika sebuah peta diperbesar/diperkecil melalui fotokopi maka nilai skala yang tergambar tidak akan berubah. Sebagai contoh : jika sebuah peta skala numeriknya 1 : 20.000 diperbesar 4 kali dengan menggunakan mesin fotokopi, maka skala yang baru adalah 1 : 5.000  tetapi pada peta tersebut masih tergambar 1 : 20.000
  2. Skala garis bersifat dinamis, jika sebuah peta diperbesar/diperkecil melalui fotokopi maka skala garis akan mengikuti perubahan pada peta tersebut. Sebagai contoh : jika sebuah peta diperbesar dengan fotokopi maka gambar skala garis akan mengikuti perbesaran peta tersebut.
kala numerik dapat kita buat menjadi skala garis dengan menggunakan rumus sebagai berikut :
Untuk mengetahui skala pada peta yang tidak mencantumkan informasi skala, dapat kita cari dengan menggunakan berbagai cara antara lain :
  • Membandingkan jarak 2 obyek (titik) pada peta dengan 2 obyek pada jarak sebenarnya, dengan rumus :

  • peta (pembahasan mengenai kontur)
dalam penentuan kontur kita dapat melihat dari besarnya interval kontur yang ada pada garis ontur dan dapat menghubungkan garis kontur yang memiliki interval yang sama. adapun yang dimaksud dengan kontur adalah sekumpulan titik-titik yang dihubungkan menjadi garis dengan interval tertentu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar